Cara Mudah Dan Cepat Membuat Hiren’s Boot CD Menggunakan Flashdisk

Cara Mudah Dan Cepat Membuat Hiren’s Boot CD Menggunakan Flashdisk

Cara Membuat Hiren‘s Boot CD Menggunakan Flashdisk – Ada yang bertanya salah satu pengunjung Info-Menarik yaitu bagaimana cara menggunakan Hiren’s Boot CD di Flashdisk. Karena seperti yang sudah kita tahu kalau software Hiren’s Boot CD baru bisa dijalankan ketika Hiren’s Boot CD sudah di burning ke kepingan CD/DVD. Namun bagaimana jika komputer atau laptop yang digunakan tidak memiliki CD/DVD Room? Tidak perlu khawatir, karena tanpa menggunakan CD/DVD juga software Hiren’s Boot CD masih bisa kita jalankan. Solusinya kita bisa membuat Hiren’s Boot CD menggunakan Flashdisk.
Namun perlu dipahami kalau membuat Hiren’s Boot CD menggunakan Flashdisk kita harus mempunyai softwarenya dulu. Software apakah itu? Banyak software yang bisa kita manfaatkan fiturnya untuk membuat Hiren’s Boot CD di Flashdisk, salahsatu contohnya yaitu software grub4dos.Dengan begitu sebelum artikel ini dilanjut, silakan Anda download terlebih dahulu software grub4dos. Jangan khawatir, software grub4dos ini bisa Anda dapatkan secara gratis dan termasuk aplikasi ringan.Berikut Cara Membuat Hiren’s Boot CD Di Flashdisk Menggunakan Software Grub4DOSSaya anggap Anda saat ini sudah mempunyai software Hiren’s Boot CD. Namun jika belum mempunyai software Hiren’s Boot CD versi terbaru, silakan bisa Anda download dulu software Hiren’s Boot CD di situs resminya.Flashdisk yang dapat Anda gunakan untuk membuat Hiren’s Boot CD tidak perlu yang berkapasitas besar. Flashdisk kapasitas 1GB-pun itu sudah lebih dari cukup. Dan sebaiknya Flashdisk yang akan dijadikan praktik ini adalah Flashdisk kosong dan sudah di format terlebih dahulu.
Ok jika semuanya sudah siap, yaitu : Flashdisk kapasitas 1GB, software Hiren’s Boot CD, dan software grub4dos silakan sekarang Anda colokkan Flashdisk ke USB komputer atau laptop. Format Flashdisk dengan cara klik kanan pada drive Removable pada My Computer dan klik Format. Agar prosesnya lebih cepat, silakan Anda centang pada Quick Format dan klik Start. Untuk pengaturan lainnya, biarkan secara default saja. Tunggu sebentar sampai proses format Flashdisk selesai dengan sempurna.
Cara Membuat Hiren's Boot CD Menggunakan Flashdisk 1
Setelah Flashdisk Anda kosong karena sudah di format, sekarang Anda ekstrak software grub4dos yang sudah di download tadi. Kemudian Anda jalankan file  grubinst_gui.exe yang terdapat pada folder hasil grub4dos.
Cara Membuat Hiren's Boot CD Menggunakan Flashdisk 2
Lakukan pengaturan seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini. Klik pilih opsi Disk pada Device Name kemudian pada Part List pilih opsi Whole disk (MBR). Jika tidak muncul Anda klik pilih Refresh. Hilangkan centang pada Save embeded GRLDR.MBR. Terakhir Anda klik pilih Install dan tunggu sampai selesai.
Cara Membuat Hiren's Boot CD Menggunakan Flashdisk 3
Jika muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini, Anda tinggal tekan Enter pada keyboard.
Cara Membuat Hiren's Boot CD Menggunakan Flashdisk 4
Sekarang Anda copy file grldr dan file menu.lst yang terdapat pada folder grub4dos dan pastekan kedalam Flashdisk Anda.
Cara Membuat Hiren's Boot CD Menggunakan Flashdisk 5
Sampai langkah ini proses pengaturan pada software grub4dos sudah selesai dan sekarang Anda sudah mempunyai dua file di dalam Flashdisk. Langkah selanjutnya adalah mengekstrak software Hiren’s Boot CD yang sudah Anda download dari situs resminya. Software Hiren’s Boot CD yang Anda dapat dari situs resminya berekstensi .iso. Untuk mengekstrak file .iso bisa menggunakan WinRAR atau software khusus untuk .iso seperti software Daemon Tools.
Jika sudah sukses mengekstrak software Hiren’s Boot CD, Anda copykan semua hasil ekstrak Hiren’s Boot CD kedalam Flashdisk Anda. 

Komentar